Sabtu, 07 Juli 2012

Aspek perkembangan kognitif anak

Anak yang berada di kelas awal SD adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa usia dini ini merupakan masa yang pendek tetapi merupajakan masa yang sangat penting bagi kehidupan seseorang. Oleh karena itu, pada masa ini seluruh potensi yang dimiliki anak perlu didorong sehingga akan berkembang secara optimal.
Beberapa perubahan yang Nampak dan penting pada usia 6 tahun dalam kehidupan anak adlah kemampuan kognitif mereka. Menurut Mayers (1996), “ Cognition refers to all the mental activities associated with thinking, knowing, and rembering.”  Menurut pandangan Piaget (1952), perkembangan kognitif adalah hasil dari hubungan perkembangan otak dan system nervous dan pengalaman – pengalaman yang membantu individu untuk beradaptasi dengan lingkungannya.
Tahap – tahap perkembangan kognitif menurut Piaget pada usia 7 – 11 tahun :
o   Mampu berfikir logis
o   Mampu konkret
o   Memperhatikan lebih dari satu dimensi sekaligus dan juga dapat menghubungkan dimensi ini satu sama lain.
o   Kurang egosentris
o   Belum bisa berfikir abstrak

 Setelah kita melakukan observasi tentang perkembangan kognitif terhadap anak SD yang berusia 9 tahun, ternyata perkembangan anak sangat  baik. Seperti menangkap ilmu yang di berikan oleh orang tuan maupun gurunya, mampu berfikir logis seperti membedakan waktu belajar dan bermain dengan seimbang, memperhatikan lebih dari satu dimensi ke dimensi lainnya, seperti memperhatikan apa yang di lakukan orang lain lalu di tiru olehnya tanpa harus di ajari oleh orang lain, memiliki sikap kurang egosentris karena anak merasa benar dan tidak memperdulikan pemikiran orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar