Anak yang
berada di kelas awal SD adalah anak yang berada pada rentangan usia dini. Masa
usia dini ini merupakan masa yang pendek tetapi merupajakan masa yang sangat
penting bagi kehidupan seseorang. Oleh karena itu, pada masa ini seluruh
potensi yang dimiliki anak perlu didorong sehingga akan berkembang secara
optimal.
Beberapa
perubahan yang Nampak dan penting pada usia 6 tahun dalam kehidupan anak adlah
kemampuan kognitif mereka. Menurut Mayers (1996), “ Cognition refers to all the
mental activities associated with thinking, knowing, and rembering.” Menurut pandangan Piaget (1952), perkembangan
kognitif adalah hasil dari hubungan perkembangan otak dan system nervous dan
pengalaman – pengalaman yang membantu individu untuk beradaptasi dengan
lingkungannya.
Tahap – tahap
perkembangan kognitif menurut Piaget pada usia 7 – 11 tahun :
o
Mampu berfikir
logis
o
Mampu konkret
o
Memperhatikan
lebih dari satu dimensi sekaligus dan juga dapat menghubungkan dimensi ini satu
sama lain.
o
Kurang
egosentris
o
Belum bisa
berfikir abstrak
Setelah kita melakukan observasi
tentang perkembangan kognitif terhadap anak SD yang berusia 9 tahun, ternyata
perkembangan anak sangat baik. Seperti
menangkap ilmu yang di berikan oleh orang tuan maupun gurunya, mampu berfikir
logis seperti membedakan waktu belajar dan bermain dengan seimbang,
memperhatikan lebih dari satu dimensi ke dimensi lainnya, seperti memperhatikan
apa yang di lakukan orang lain lalu di tiru olehnya tanpa harus di ajari oleh
orang lain, memiliki sikap kurang egosentris karena anak merasa benar dan tidak
memperdulikan pemikiran orang lain.